Sekilas Info

BERITA KOTA

upaya-promotif-preventif-lebih-baik-dari-pada-mengobati
Tarakan,- Dalam mengsukseskan program Pemerintah salah satunya adalah program Indonesia Sehat, Pemerintah Kota Tarakan melalui Dinas Kesehatan Kota Tarakan lakukan temu sehat bersama warga yang berada di wilayah Puskesmas Gunung Lingkas, tepatnya di Masjid Al- Jabariah, Kelurahan Lingkas Ujung, Tarakan Timur, Kamis (23/03).

Subono selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Tarakan menjelaskan, Program Indonesia Sehat termasuk program unggulan Pemerintah, salah satunya upaya yang sedang kita melakukan saat ini yaitu temu sehat bersama masyarakat di wilayah pesisir padat penduduk yang berada di Kelurahan Lingkas Ujung.

Dituturkan Subono, Indonesia Sehat bertumpu pada tiga pilar, yaitu Paradigma Sehat, Pembangunan Fasilitas Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional, dimana ketiga pilar tersebut harus benar - benar ditingkatkan sehingga apa yang telah diprogramkan akan berdampak bagi masyarakat.

Paradigma sehat merupakan sebuah upaya dimana pencegahan dan edukasi serta pendekatan promotif preventif harus dilakukan, artinya (pada umumnya) orang ingat sehat ketika dia sedang sakit saja, tetapi bagaimana megelola pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan, ini yang kita harapakan, Subono menggaris bawahi, sehingga kesehatannya dapat meningkat atau tingkat sakitnya berkurang.

"Orang akan jadi produktif dan bahagia ketika sehat, tetapi jika orang itu sakit maka orang tersebut tidak produktif malah akan mengeluarkan biaya (baca, berobat)," terang Subono.

Wilayah - wilayah yang padat penduduk seperti ini (wilayah pesisir, red) yang tidak teratur pembangunannya (penataan tempat tinggal) masih kurang kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat. Subono memaparkan, kesehatan bukan hanya sektor medis saja tetapi memiliki arti yang luas misalnya dari aspek kebersihan, dan sanitasi yang baik.

"Menangani masalah kesehatan memang sedikit lebih berat diwilayah padat penduduk seperti ini dibanding wilayah perumahan (baca, perkotaan)," tegas Subono.

Untuk itu, menurut Subono, melalui cara - cara seperti ini dapat dilakukan upaya pencegahan dini terhadap penyakit, dan dalam kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan (chek up) secara gratis. Subono mengharapkan, tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan serta lingkungan yang bersih akan lebih baik, sehingga masyarakat dapat menerapkan pola prilaku sehat, serta indikator - indikator kesehatan akan jadi lebih baik.

OZ – DD – ARD, DKISP Tarakan

kembali | Cetak