Sekilas Info

BERITA KOTA

polres-dan-brimob-tarakan-simulasi-pengamanan-pilkada
Personel Polres Tarakan bersama dengan Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menghalau pengunjuk rasa yang bertindak anarkis saat simulasi pengamanan Pilkada serentak di Taman Berkampung.
Tarakan,- Polres Tarakan bersama TNI Gelar Apel Pasukan dalam Rangka Operasi Kewilayahan “Mantap Praja 2018” di Taman Berkampung Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (05/01).

Usai mengelar Apel Gelar Pasukan, Simulasi pengamanan Pemilukada dilakukan oleh Personel Polres Tarakan bersama Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim Tarakan dalam pengendalian massa yang coba menggagalkan jalannya proses pemilihan kepala daerah.

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone M.H. R. Supit, S.IK menyampaikan, simulasi ini bertujuan untuk memperlihatkan tahapan-tahan pada Pemilihan Walikota Tarakan. " maksimalnya (pengamanan) itu apabila terjadi sesuatu pada proses pemilihan ketika kita harus berhadapan langsung dengan massa " kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Dearystone sampaikan, berbagai tahapan prosedur akan dijalankan mulai dari tahapan Dalmas awal dengan cara negosiasi berlanjut dengan PHH, Tim Anti Anarkis hingga kita bisa mengerahkan Bantuan Kendali Operasi (BKO) bila situasi sudah tidak terkendali.

“kondisi-kondisi dilapangan bisa saja berubah misalkan saya perintahkan Brimob duluan sesuai dengan tingkat kerawanan " jelas Deary. Ia mengungkapkan untuk jumlah personil dibantu Brimob dan dibackup TNI sudah cukup, tetapi jika ada hal-hal yang tidak dimungkinkan ini tidak akan cukup.

Dijelaskan Dearystone untuk tingkat kerawanan pada Pemilukada, mulai dari tahap pendaftaran saja itu sudah mulai rawan. Sebagai contoh jika ada salah satu paslon yang tidak lolos dan massa pendukung pasangan calon (paslon) tersebut tidak terima, kemungkinan akan terjadi keributan. " Oleh karena kita (keamanan) harus tetap siaga dalam mengantisipasi dan mengawal berbagai tahapan hingga akhir penetapan nanti.

Sementara itu Walikota Tarakan Sofian Raga menyampaikan, Gelar Pasukan dan Simulasi merupakan gambaran kesiapan pengamanan. Semua bentuk potensi kerawanan sudah diprediksi oleh pihak Kepolisian baik itu di Kantor KPU, dijalan dan disesuaikan dengan standar pengamanan. Ia mengapresiasi kesiapan Polri dan aparat keamanan dalam mendukung penyelnggaraan Pemilukada dalam hal ini Pilwali Tarakan. " Kita semua berharap Pilkada (walikota) nanti dapat berjalan dengan baik, lancar, sukses tanpa ada kendala apapun " pungkas Sofian.

OZ – ARD, DISKOMINFO SP TRK

kembali | Cetak

Berita Terkait

1. Polres Tarakan Pentaskan Teater Pocong Kursi Roda Saat Ops Simpatik [2016-03-06] [dibaca: 247 kali]
2. Empat Kapal Asing Diledakan Brimob [2015-12-18] [dibaca: 350 kali]
3. Rudal Peninggalan PD II Diamankan Sat-Brimob Unit Gegana [2015-11-30] [dibaca: 1413 kali]
4. Tiga Ratus Dua Puluh Dua Sak Gula Pasir Asal India Berhasil Diamankan Polairud Polres Tarakan [2015-05-20] [dibaca: 616 kali]
5. Kapolres Tarakan : Tahun 2013, 4 Oknum PNS Terlibat Kasus Narkoba [2014-01-10] [dibaca: 579 kali]

5 (lima) Berita Umum sebelumnya :

1. Kepadatan Arus Penumpang Jalur Laut [2017-12-24] [dibaca: 138 kali]
2. Musnahkan Barang Makanan Ilegal Asal Tawau [2017-12-14] [dibaca: 132 kali]
3. Pengalihan Rute Lalu Lintas menuju Pantai Amal [2017-12-13] [dibaca: 348 kali]
4. Lapas Tarakan selengarakan Istighosah dan Zikir Akbar Pada Warga Binaan [2017-12-07] [dibaca: 195 kali]
5. Mahasiswa ANU Studi Sejarah The Second World War di Tarakan [2017-07-14] [dibaca: 187 kali]