Sekilas Info

BERITA KOTA

kemenlu-janji-promosikan-tarakan-di-luar-negeriTarakan,- Kota Tarakan menjadi salah satu kota dari tujuh daerah di Indonesia yang terpilih akan di promosikan ke luar negeri oleh Tim Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melalui potensi - potensi yang ada, yakni trade, tourism, dan investment.

Disampaikan Ahmad Syaifuddin selaku Officer of Secretariat of Inspectorate General (Wakil Sesdilu Diplomat Madia Kementrian Luar Negeri), dipilihnya Kota Tarakan sebagai salah satu daerah di Indonesia yang akan di promosikan karena Tarakan merupakan sebuah daerah yang terletak di wilayah perbatasan, selain itu di Tarakan juga terdapat produk - produk ungulan dari hasil potensi laut yang bisa dipromosikan ke manca negara.

Saat ini, tim Kemenlu RI sedang mengambil informasi dan data yang berkaitan dengan potensi - potensi yang ada di Kota Tarakan, kemudian setelah semua hasil yang didapatkan maka akan menjadi sebuah program, dan hasil inilah yang akan dibawa oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk dipromosikan.

Menurut Ahmad Syaifuddin, potensi Tarakan sangat bagus sebagai pulau yang menjadi titik penghubung antar pulau - pulau lainnya di Kalimantan Utara, kemudian selain sebagai titik wilayah perbatasan, kota Tarakan memiliki nilai (value) sejarah Perang Dunia II dan sejarah perminyakan.

"Ini akan kita sampaikan kepada pimpinan, kemudian di diskusikan, lalu diolah menjadi sebuah data yang kuat atau produk untuk bahan promosi yang akan kita tawarkan ke luar negeri,” Jelas Syaifuddin.

Lebih lanjut Syaifuddin paparkan, selain pariwisata, investasi dan perdagangan, terdapat keungulan lainnya yang dimiliki Tarakan yakni dari hasil perikanannya, dimana udang Tarakan termasuk jenis udang yang langka, yakni udang tiger (size large). Udang jenis ini hanya ada di Tarakan dan Aceh, saingan jenis udang ini berasal dari Vietnam dan Filipina.

“Kita sudah mencoba langsung mencicipi ikan, udang yang ada didaerah lain, hasilnya berbeda. Ada nilai keungulan (nilai lebih) dari hasil perikanannya dan udang disini (Tarakan),” papar Wakil Sesdilu Diplomat Madia Kementrian Luar Negeri tersebut.

Walikota Tarakan, Sofian Raga, menyampaikan apresiasinya dan mendukung para diplomat muda tersebut dalam melaksanakan tugas, dimana bahan yang mereka peroleh akan menjadi referensi untuk dipaparkan di Kementrian Luar Negeri.

“Sambil mengunjungi daerah, mereka juga menggali potensi-potensi lainnya di Tarakan, sekalian saja saya ajak mereka ke museum, karena ini juga dari Kementerian Luar Negeri dan kebetulan museum ini ada hubungannya dengan sejarah, dimana ada beberapa negara yang pernah terlibat (peperangan) disini, baik Jepang, Belanda, Australia (Perang Dunia II). Dan sejumlah perusahaan asing yang berhubungan dengan sejarah perang dunia II dan sejarah perminyakan,” terang Sofian Raga.

Mudah – mudahan kedepan, ungkap Sofian Raga, dengan upaya yang dilakukan oleh para diplomat muda ini sehingga dapat menjalin sebuah kerjasama bilateral, bahkan kita dapat mengundang pengusaha-pengusaha luar negeri untuk dibawa (beriventasi) ke Kota Tarakan.

OZ–DD–ARD, DKISP Kota Tarakan

kembali | Cetak