Sekilas Info

BERITA KOTA

bmkg-pusat-siapkan-akselerograf-di-tarakanTarakan,-Tahun 2017 ini Kota Tarakan akan mendapatkan bantun dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pusat berupa alat pendeteksi gempa kuat seperti yang terjadi terjadi di Kota Tarakan dua tahun lalu di selatan Tarakan dan alat tersebut dipandang perlu guna mengantisipasi pencegah gempa bumi lebih dini.

Jaya Murjaya selaku Kepala Pusat Sesmologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu, hari Jumat (07/04), mengatakan tahun 2017 ini sebanyak 7 daerah akan diberikan alat ini (Seismograf) termasuk salah satunya di Kota Tarakan, mengingat wilayah ini memiliki sumber - sumber tsunami yang berpengaruh, diantaranya dari palung Filipina, laut Maluku, dan Toli - Toli Utara Sulteng yang diperkirakan sebagai daerah patahan palung.

Hal ini, menurut Jaya Murjaya, akan dipelajari pihaknya apakah dalam waktu kedepan alat Seismograf (pendeteksi gempa) tersebut akan dipasang di Kantor BNPB atau di Kantor BMKG. Karena alat tersebut tidak akan bekerja secara visual, karena alat ini hanya merekam data elektronik secara teknologi modern yang akan langsung mentransfer data ke BMKG pusat dan hasil olahan datanya akan dikirim kembali ke BMKG Tarakan.

“Alat yang akan dipasang adalah Akselerograf dimana alat ini akan membaca percepatan pergerakan tanah (ground acceleration) yang akan diletakkan diatas pemukaan tanah dengan merekam kekuatan gempa kuat, hal ini tidak terlihat secara visual karena alat ini hanya merekam data elektronik saja,” ungkap Jaya Murjaya.

Jaya Murjaya mengungkapkan, peristiwa gempa akan berpotensi tsunami jika terjadi didasar laut, dan titik pusat gempanya berkekuatan > 7 SR dengan kedalamannya kurang 60 Km serta struktur bawah lautnya naik atau turun, jika hanya bergeser saja maka gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Jaya Murjaya berjanji kepada Kepala BNPB Tarakan, pihaknya akan memberikan simulasi penanganan bencana alam jika terjadinya tsunami dengan pusat gempa di Laut Filipina, Toli - Toli dan seberapa besar pengaruhnya di Tarakan.

OZ – DD – ARD, DKISP Kota Tarakan


kembali | Cetak