Rukyatul Hilal Penentuan Awal Bulan Syawal 1443 H

TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., mengikuti pelaksanaan rukyatul hilal penentuan awal bulan Syawal 1443 H/2022 Masehi.

Kegiatan yang rutin dilakukan saban tahun ini dilaksanakan di Taman Berlabuh pada Minggu, 1 Mei 2022, dengan diikuti oleh unsur Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tarakan, Kementerian Agama Kota Tarakan, dan perwakilan ormas Islam yang ada di Kota Tarakan.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan bahwa edukasi tentang rukyatul hilal sendiri perlu digencarkan agar masyarakat semakin paham tentang konsep bulan Qamariyah, karena ini kerap menjadi pertanyaan di tengah-tengah masyarakat.

Di samping itu, ia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk para tokoh agama Islam sehingga pelaksanaan ibadah puasa dapat berlangsung dengan baik. “Selamat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin, minal aidin wal faidzin,” ujar Wali Kota.

Untuk hasil pengamatan, kendati pun secara teori keberadaan hilal telah wujud dan berada di atas ufuk mar’i pada ketinggian 4,5 derajat, namun dari hasil pengamatan di lapangan hilal tidak terlihat di Kota Tarakan dikarenakan faktor cuaca (objek pengamatan tertutup awan tebal). Hasil pengamatan ini pun akan dilaporkan pada Sidang Isbat yang digelar pada malam ini (1/5) oleh Pemerintah Pusat.

Sumber : Humas

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.