Pemkot Komitmen Lindungi UMKM

PEMKOT KOMITMEN LINDUNGI UMKM

TARAKAN - Upaya menyeimbangkan antara penanganan dampak di bidang kesehatan dan perekonomian dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 merupakan komitmen Pemerintah Kota Tarakan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., kala menjadi narasumber pada talkshow virtual yang diselenggarakan oleh Tribunkaltara.com dengan tema "Masyarakat Sehat, Pelaku UMKM di Kota Tarakan Bangkit”.

Talkshow ini diselenggarakan pada Kamis, 9 September 2021, dan diikuti oleh Kapolres Tarakan, Dandim 0907 Tarakan, Sekretaris Daerah, akademisi, dan pelaku UMKM di Kota Tarakan.

Pemerintah Kota Tarakan, ujarnya, selama pandemi tetap berupaya agar pelaku usaha terus dapat berusaha dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Apalagi, tidak seperti masa krisis sebelumnya, krisis kali ini justru sangat berdampak bagi UMKM.

Untuk itu, beberapa stimulus telah diberikan bagi pelaku usaha yang ada di Kota Tarakan, di samping berbagai stimulus yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Misalnya dengan pembebasan pajak daerah bagi pelaku usaha hotel, rumah makan, cafe, restoran, dan sejenisnya di masa awal pandemi.

Di samping itu Pemkot juga menyerap hasil industri batik Tarakan dengan mewajibkan ASN Kota Tarakan untuk menggunakan dan membeli batik dari pengrajin Tarakan, juga diharapkan instansi vertikal yang ada di Tarakan dapat mengikutinya,” harap Wali Kota. 

Selanjutnya, Pemerintah Kota Tarakan bekerja sama dengan berbagai instansi yang ada di Kota Tarakan untuk memasarkan produk UMKM Kota Tarakan di berbagai online marketplace yaitu blibli.com dan bukalapak.com, serta menyusun katalog produk khas Tarakan untuk dipromosikan secara massal sehingga produk Tarakan dapat bersaing di luar daerah. “Sudah ada 400 produk yang kita inventarisis,” terangnya.

Ia menilai, sejauh ini melalui berbagai upaya yang dilakukan, mampu mengurangi dampak negatif akibat pandemi bagi pelaku usaha, “semester I 2021 ini Tarakan mengalami pertumbuhan 6,03 years to years,” jelasnya.

Sumber : Humas