Meresmikan Pemanfaatan Bank Sampah Tanjung Pasir

TARAKAN - Wakil Wali Kota Tarakan, Effendhi Djuprianto, meresmikan pemanfaatan Bank Sampah Tanjung Pasir dan membuka pelaksanaan sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah pesisir melalui Program Bank Sampah pada Kamis, 23 Desember 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan di Halaman Kantor PT. Sumber Kalimantan Abadi (SKA) Tanjung Pasir ini diinisiasi oleh DPK Lentera Independen Pemerhati Aspirasi Nusantara (LIPAN) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tarakan, PT. SKA, dan CV. Mitra Nelayan Abadi.

Dalam sambutannya, Wawali menyampaikan apresiasinya kepada LIPAN dan semua pihak yang telah terlibat dalam sehingga kegiatan ini dapat terselenggara. 

Kegiatan ini, disampaikan Wawali, sejalan dengan upaya Pemkot Tarakan untuk mengampanyekan 3R (reuse, reduce, recycle) mulai dari tingkat rumah tangga. 

Sampah pun, dapat memberikan nilai tambah. Untuk itu ia mengajak LIPAN, yang telah berhasil mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah. “Ada kuota 30 persen hasil UMKM Kota Tarakan untuk dipajang/dijual di gerai retail modern,” ujar Wawali.

Di kesempatan yang sama, Wawali juga berkesempatan meninjau langsung mesin pencacah limbah plastik dan penjernih air yang merupakan karya dari Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan.

#tarakan #smartcity #3r #environment #gogreen

Sumber : Humas