Gelar Bimtek, Pemkot Kejar Maturitas Level 3

GELAR BIMTEK, PEMKOT KEJAR MATURITAS LEVEL 3

TARAKAN - Pemerintah Kota Tarakan saat ini berupaya mengejar maturitas Sistem Pengawasan Internal yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tarakan agar meningkat ke level 3. Hal ini disampaikan Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M. Kes., kala membuka Bimbingan Teknis/Workshop Penilaian Mandiri (SPIP) di Ruang Rapat Imbaya Kantor Walikota Tarakan, Senin (26/7/2021).

Bimbingan Teknis ini menghadirkan langsung narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Kalimantan Utara dan diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah dan pejabat yang membidangi perencanaan dan kepegawaian di masing-masing Perangkat Daerah.

Disampaikan Wali Kota, bahwa saat ini berada pada level 2 Maturitas Sistem Pengawas Internal Pemerintah (SPIP). Artinya Pemerintah Kota Tarakan telah mampu mendefinisikan kinerjanya dengan baik, namun strategi pencapaian kinerjanya masih belum relevan serta pelaksanaan pengendalian masih sebatas pemenuhan.

“Untuk itu, melalui kesempatan ini, kembali saya mengingatkan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Tarakan, bahwa visi terwujudnya Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city yang telah dicanangkan di RPJMD merupakan hal yang harus menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang ada di masing-masing Perangkat Daerah. Saya meminta agar Kepala Perangkat Daerah dapat benar-benar memahami visi Kota Tarakan dan mampu menjabarkan pencapaian visi tersebut,” pesan Wali Kota dalam sambutannya.

Hal ini, tegasnya, penting agar semua yang dilaksanakan di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan relevan dan terintegrasi dengan pencapaian visi kota.

“Sejalan dengan hal tersebut, saya menginstruksikan kepada seluruh peserta bimtek pada pagi hari ini untuk dapat mengikuti materi yang akan disampaikan para narasumber selama 5 hari ke depan dengan saksama. Tanyakan apabila terdapat hal-hal yang perlu penjelasan lebih lanjut. Saya berharap, dengan peningkatan kapasitas yang kita lakukan pada hari ini, mampu menjadi pendorong tercapainya target kita untuk mencapai maturitas SPIP ke level 3,” ujarnya.

Sumber : Humas