Edukasi Juru Sembelih Halal

EDUKASI JURU SEMBELIH HALAL

WALI KOTA: IKUTI PROTOKOL KESEHATAN

TARAKAN - Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., membuka edukasi dan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Masjid Baitul Izzah Islamic Center pada Sabtu pagi (10/7).

Kegitan yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dengan diikuti oleh 100 peserta utusan takmir masjid se-Kaltara, dan dihadiri langsung oleh Ketua DPP Juleha, Ustad M. Ali Subarkah dan Ustad Fahmi Zamzam selaku instruktur.

Wali Kota dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan yang berdekatan dengan Hari Raya Kurban yang sebentar lagi akan tiba. Ia pun mengapresiasi inisiatif pengelola Masjid Baitul Izzah yang mampu menghidupkan suasana Masjid Baitul Izzah sebagai pusat aktivitas umat. 

Memperhatikan unsur kesehatan dan pandemi yang hingga kini masih berlangsung, Wali Kota secara khusus mengamanatkan tiga hal pokok dalam tata cara berkurban pada tahun ini. 

Pertama, selama tata cara penyembelihan hewan kurban, di samping harus memperhatikan unsur syariat, para petugas harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Kedua, dianjurkan agar pemotongan dilakukan di rumah potong hewan.

Terakhir, pembagian hasil kurban agar dapat diantar langsung ke penerima sehingga tidak menimbulkan kerumunan yang semakin meningkatkan risiko penularan Covid-19.