DKISP Beri Pelatihan Aplikasi Surel di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT)

Tarakan – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) berikan pelatihan aplikasi Surat Elektronik (Surel) pada Rabu (22/9/21) kepada para staff di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan. 

Surel yang diluncurkan oleh DKISP ini merupakan aplikasi penanganan surat-surat dinas yang membantu para instansi dalam hal surat menyurat.

“Di era digital seperti sekarang, seluruh hal yang terkait dengan pelayanan harus dikerjakan dengan mudah sehingga harus melalui sistem elektronik,” jelas Direktur RSUKT, dr.Joko. 

Pelatihan ini dihadiri oleh Direktur, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Subag, dan Kepala Seksi RSUKT.

“Dengan adanya Surel (Surat Elektronik) ini diharapkan dapat megefisienkan waktu dan mempermudah pemantauan surat,” jelasnya. 

 Penggunaan Surel nantinya dapat digunakan mulai dari jajaran struktural hingga seluruh staff di RSUKT. 

Mengingat bahwa aplikasi ini masih baru, dr. Joko mengharapkan agar kedepannya Surel ini dapat terus berkembang hingga nantinya dapat digunakan secara maksimal. 

“Karena ini hal yang baru, tidak mungkin langsung sempurna. Kami pelan-pelan belajar dan memperbaiki setiap kendala yang ada,” jelas Joko. 

Ia juga mengharapkan semoga kedepannya kendala-kendala yang ada pada sistem ini dapat tertangani dengan baik dan dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi rumah sakit. 

Aplikasi Surel nantinya akan diimplementasikan oleh RSUKT pada akhir bulan September ini. 

Adapun fitur-fitur yang dibuat oleh DKISP pada aplikasi Surel yaitu disposisi surat, tindak lanjut surat, histori surat, dan pengontrolan posisi surat.

“Kedepannya kami memiliki target untuk dapat mengadakan fitur pengiriman surat antar instansi,” jelas Mujiono yang merupakan Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi. 

Mujiono juga berharap bahwa kedepannya Surel ini dapat digunakan oleh seluruh instansi yang ada di Tarakan. (widy)

Sumber : DKISP